• Breaking News

    Wednesday, February 8, 2017

    Konfigurasi Hotspot Mikrotik

    Assalamualaikum wrwb..


    Setelah Postingan sebelumnya kita telah mengkonfigurasi dasar mikrotik Sekarang saya akan melanjutkan konfigurasi mikrotik yaitu
    Konfigurasi Hotspot Mikrotik


    A. Pengertian

       Hostpot merupakan system yang digunakan untuk memberikan layanan akses jaringan ( internet atau intranet) di public area dengan media kabel maupun media wirelles.Hostpot juga menggunakan autentikasi untuk menjaga jaringan tetap dapat dijaga walaupun bersifat public. Proses autentikasi menggunakan protocol HTTP/HTTPS yang bisa dilakukan oleh semua web browser. Hostpot system ini merupakan gabungan atau kombinasi dari beberapa fungsi dan fitur RouterOS jadi sebuah system sering disebut plug n-play Access.


    B.Maksud & Tujuan

       Maksud dan Tujuan saya Mengkonfigurasi hostpot adalah saya ingin mempraktikan dari latar belakang saya mengkonfigurasi hostpot.dan saya ingin mengajarkan kepada teman teman saya disekolahan agar teman teman saya dapat mengkonfigurasi hostpot.

    C.Alat & Bahan

       [-] MikroTik
       [-] Kabel UTP
       [-] PC atau Laptop
       [-] Koneksi Internet


    D.Langkah - Langkah

    1.Pastikan mikrotik sudah mendapat arus listrik dan pastikan juga kabel UTP sudah terpasang dengan benar yaitu kabel yang dari switch menuju ke ether1 dan kabel yang dari mikrotik menuju ke ether2
    2.Masuk ke menu hostpot dengan cara masuk ke menu IP>HOSTPOT>HOSTPOT SETUP








    3. Setelah membuat Hostpot selesai langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi hostpot server profiles dengan masuk ke menu server profiles dan menu login


    4.Kemudian langsung masuk ke user profiles dan buat profiles trial karena tadi kita cek list di bagian trialnya 


    5.Setelah itu kita kembali lagi ke menu server profiles untuk mengganti trial user profiles

    6.Kemudian kita membuat user untuk orang masuk ke jaringan kita dengan memasukan username dan password


    7.Setelah itu kemudian langsung konfigurasi di menu wirelles. untuk penentuan frequency kita gunakan cara scan dengan cara memilih frequency signal yang paling kecil itu berarti signalnya paling dekat



    8.Jika sudah reboot winbox dan disconect ethernet DHCPnya dan connectkan ke wifi yang telah kita buat. Jika sudah coba kita login ke hostpot yang kita buat dengan cara masuk ke browser dan ketikan DNS Name yang telah kita buat di alamat URL


    9.Langkah terakhir adalah masukan username dan password user



    E. Referensi
    Ebook MTCNA MikroTik

    F. Kesimpulan
      Kesimpulan saya kali ini adalah pada konfigurasi hostpot ini adalah perhatikanlah setiap tahapan konfigurasi dan jangan salah memilih ethernet yang dibuat untuk hostpot.

    Jika Masih Kurang Paham atau kesulitan Bisa Hubungin saya :
        FB : Click Here

    No comments:

    Post a Comment

    Total Pageviews

    Site Info

    Lorem