• Breaking News

    Tuesday, January 3, 2017

    Cara Instal Linux Mint 18 Mate ( Sarah )

    Assalamualaikum wrwb..


    Pada Kesempatan Kali Ini Saya Akan Memberikan Ilmu Tentang :

    Instalansi Linux Mint  

      
    Sebelum Melakukan Instalansi Linux Saya Akan Memberikan Pengertian Tentang Linux Mint : 

    A. Apa sih Linux Mint Itu :
    sistem operasi Linux yang merupakan suatu Destro Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint, Dan ada Juga Destro Dari Linux antara lain :
     [-] Red Hat Linux
     [-] Suse Linux
     [-] Debian Linux
     [-] Mandrake Linux
    Dan masih banyak lagi destro linux .

    B.Latar Belakang :
    Latar Belakang saya menginstal Linux Mint adalah agar semua orang dapat menginstal linux mint dengan mudah menggunakan tutorial dari saya.

    C. Maksud Dan Tujuan
        1. agar semua orang dapat beralih ke linux.

    D. Alat Dan Bahan :
     [-] Laptop / PC
     [-] File Iso Linux Mint / DVD Installer Linux Mint
     [-] Koneksi Internet

    E. Langkah Kerja :

    Fitur yang bermanfaat pada sistem operasi GNU/Linux adalah fitur live cd, dengan fitur ini kamu dapat melihat-lihat tampilan sistem operasi yang akan diinstall. Pada Linux Mint 18, kamu akan langsung diarahkan ke dekstopnya untuk mencoba fitur live cd terlebih dahulu, Untuk menginstall pilih icon CD pada desktop dengan title “install linux mint“.

    install-livecd

    Instalasi Linux Mint 18

    Tahap pertama, kamu harus mementukan bahasa apa yang akan dipakai pada saat menginstall sistem, pada dasarnya bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris.

    pemilihan bahasa

    Tahap kedua, kamu akan disuguhkan pilihan apakah akan menginstall perangkat lunak tambahan atau tidak, jika memang tidak ada koneksi internet tidak dilakukan juga tidak masalah.

    perangkat lunak tambahan

    Catatan : Disarankan tidak melakukan instalasi perangkat lunak tambahan, apabila ditengah proses instalasi koneksi internet terputus akan menimbulkan masalah. Install perangkat lunak tambahan sesudah melakukan instalasi sistem saja.
    Tahap ketiga adalah memilih tipe instalasi, disarankan dibantu dengan yang sudah berpengalaman. Ada banyak tipe instalasi. biasanya menggunakan pilihan something else untuk melakukan dual booting.

    tipe instalasi

    Tahap keempat adalah pembuatan partisi, tahap ini adalah tahap yang riskan pada semua jenis instalasi sistem operasi, disarankan didampingi orang yang berpengalaman.

    Pada sistem operasi GNU/Linux, disarankan membuat 3 partisi yang berbeda yaitu partisi sistem, partisi data, dan partisi swap. untuk memahami ketiga partisi ini.
    Untuk Partisi Swap kita kasih 2 kalinya ram kita. contoh : Ram 1 Gb x 2 = 2 gb Swap Dan seterusnya


    Jika sudah yakin pilih install now.

    partisi

    Tahap kelima adalah memilih lokasi kamu berada.

    pemilihan lokasi

    Tahap keenam adalah menentukan jenis keyboard yang dipakai, sebaiknya diabaikan saja dan menggunakan standar jenis keyboard english (US).

    pemilihan keyboard

    Tahap ketujuh adalah mengisi informasi tentang user, isikan nama pengguna dan juga password. Untuk password sendiri jangan dikosongkan, hal ini nantinya akan diperlukan pada saat penginstalan aplikasi atau update sistem yang membutuhkan hak akses dan dimintai password.

    membuat user dan password

    Terakhir adalah menunggu proses instalasi berjalan sambil menikmati tampilan splash screen instalasi. jika sudah restart komputer dan nikmati sistem operasi Linux Mint 18.

    splash screen

    Tangkapan Layar Linux Mint :
    Saya ambilkan dari Laptop saya .



     KESIMPULAN
    kesimpulannya adalah kebanyakan orang pada saat menginstall linux langsung membagi partisi pada saat proses intalasi padahal tersebut tidak efektif karena masih meninggalkan partisi kecil bekas dari OS yang lama. Dan pada saat instalasi selesai juga tidak langsung di perbaharui softwarenya.

    Jika Masih Kurang Paham Bisa Hubungin saya :
        FB : Click Here

    No comments:

    Post a Comment

    Total Pageviews

    Site Info

    Lorem