• Breaking News

    Wednesday, January 4, 2017

    Konsep & Definisi Antena


    1.Definisi Antena 

     Antena adalah transformator/struktur transmisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi )
    dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya . Antena adalah salah satu elemen penting yang hars ada pada sebuah teleskop radio, TV, radar dan semua alat komunikasi nirkabel lainnya. Antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara

    2.Fungsi Antena

      Fungsi Antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya dan sebaliknya


    3.Macam - Macam Antena 



    •  Antena grid 

    antena ini merupakan salah satu antena wifi yang populer,sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik  tertentu sesuai pemasangannya. 
      komponen penyusunya yaitu : 
     1. reflektor 
     2. pole 
     3. jumper, fungsinya menghubungkan antena dengan radio. 
    antena grid ada 2 macam dengan frekunsi yang berbeda yaitu 5,8 Ghz dan 2,4 Ghz 



    • Antena Sectoral 
    antena sectoral hampir mirip dengan antena omnidirectoral,yang juga di gunakan untuk access point to serve a point-to-multi-point (P2MP) links.dapat menampung hingga 5 client.beberapa antena sectoral di buat tegak lurus dan ada juga yang horizontal.


    • Antena Flat  
     fungsinya sama seperti antena grid yaitu memfokuskan ke satu titik.antena ini hanya di gunakan untuk jarak yang dekat dan tidak untuk jarak yang   jauh,karena frequency nya kecil.


    • Antena Omnidirectional 
    antena omnidirectoral  yaitu jenis antena yang memiliki pola pemancaran sinyal ke segala arah dengan daya sama,untuk menghasilkan cakupan area yang luas, antena  dengan daya sistem yang memancar secara seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. Antena ini akan melayani atau hanya memberi pancaran sinyal pada sekelilingnya atau 360 derajat. 
    D.Referensi
    E.Kesimpulan
       Jadi Antena adalah transformator/struktur transmisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi ) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya .

    No comments:

    Post a Comment

    Total Pageviews

    Site Info

    Lorem